Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar

Main Author: Putri, Sri Symyati Ahmad
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4360/1/Sri%20Sumiyati%20Ahmad%20Putri.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4360/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis deskriptif menunjukkanbahwakecerdasan emosionalpeserta didikkelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedangdenganpersentase59,52%, sedangkanhasilbelajar matematikapeserta didik kelas V SD InpresBontomanai Kota Makassar berada pada kategori sedangdenganpersentase71,43%.Hasilanalisisinferensial menunjukkanbahwaPersamaan regresi diperolehY=87,818 +0,02X. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,985 dimana nilaisignifikan > 0,05 (0.985> 0,05), dengan demikian diterima.Kesimpulan daripenelitian ini yaitu tidak adapengaruhkecerdasan emosional terhadaphasil belajarmatematikapeserta didik kelas V SDInpres Bontomanai Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan memberi implikasi kepada sekolah SD Inpres Bontomanai Kota Makassar sebagai salah satu jenjang pendidikan formal, untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat diupayakan melalui penumbuhan dalam diri setiap siswa mengenai mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, empati dan mampu membina hubungan (keterampilan sosial).