Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IXA MTs Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep

Main Author: Rahayu. S, Sri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4332/1/SKRIPSI%20SRI%20RAHAYU%20S..pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4332/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis menunjukan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan konstruktivisme, hal ini ditunjukkan hasil observasi peserta didik pada siklus I menunjukan 61,90% dengan kategori kurang pada pertemuan I dan 76,19% dengan kategori cukup pada pertemuan II, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik yaitu 85,71% pada pertemuan I dan 95,24% pada pertemuan II, dan hasil observasi guru pada tindakan siklus I yaitu 61,11% dengan kategori kurang pada pertemuan I dan 77,78% dengan kategori cukup pada pertemuan II, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik yaitu 88,89% pada pertemuan I dan 97,22% pada pertemuan II. Serta persentase skor ratarata kemampuan panalaran yang mendekati skor maksimum 100% yang berarti memberikan sumbangsih terbesar dalam tes penalaran adalah kemampuan panalaran dengan menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika dan proses solusi dengan persentase 85,6% pada siklus I menjadi 94,5% pada siklus II, dengan demikian penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik di kelas IXA MTs Darussalam Anrong Appaka KabupatenPangkep.