Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di kelas XI MAN Polman pada Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Main Author: Rasyid, Fadhliyah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4274/1/Fadhliyah%20rasyid.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4274/
Daftar Isi:
  • Perolehan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivis dapat membantu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Adapun hasil belajar biologi Siswa Kelas XI MAN Polman sebelum penerapan model pembelajaran konstruktivis yang diperoleh dari hasil Pree Test masuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 58,62 % dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Polman setelah menerapkan model pembelajaran konstruktivis yang diperoleh dari data Post Test masuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 74,6 %. Hasil analisis statistik inferensial (uji-t) diperoleh lebih besar dari sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan kulaitas hasil belajar siswa sehingga efektif untuk digunakan.