Statistik Ekonomi
Main Author: | Karra, Muslimin |
---|---|
Other Authors: | Cahyani, Andi Intan |
Format: | Book NonPeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Alauddin University Press
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/427/1/Buku%20Daras%20Statistik%20Ekonomi%20-%20full.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/427/ |
Daftar Isi:
- Buku ini dapat digunakan oleh Dosen dan Mahasiswa untuk menerapkan model pembelajaran latihan meneliti atau latihan menemukan, dengan metode IQRA’. Penyajian buku ini menggunakan metode IQRA Karena buku ini disusun dengan mencantumkan tujuan pada ranah iman dan taqwa serta pada lembaran kegiatan mahasiswa diakhiri dengan kegiatan diskusi mengenai pengembangan ranah iman dan taqwa.. Pada umumnya pembelajaran Statistik hanya menggunakan metode ceramah yang berisi rumus atau persamaan yang menghubungkan simbol-simbol , latihan soal-soal, kemudian diakhiri dengan pemberian tugas. Peserta didik tidak dilatih untuk menemukan konsep, prinsip, teori, azas, dan aturan, melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengukur, menganalisis data, dan menyimpulkan. Akibatnya apa ? Akibatnya fatal. Peserta didik tidak dapat meneliti untuk mengaplikasikan konsep statistik melalui percobaan yang mereka lakukan. Peserta didik hanya menghafal rumus-rumus dan menerapkannya dalam mengerjakan soal-soal; sehingga peserta didik merasakan statistik itu sulit, tidak menyenangkan, tidak menantang, dan tidak membangkitkan munculnya kreativitas. Metode IQRA’ merupakan langkah-langkah operasional yang benar-benar dilaksanakan dalam pembelajaran statistik untuk mencapai tujuan yang diharapkan yang berlandaskan pada tiga pilar kesadaran manusia, yaitu: kesadaran inderawi, kesadaran akali, dan kesadaran ruhani. Tiga kesadaran ini digunakan sebagai landasan dalam kegiatan pengamatan, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, pengukuran, analisis data percobaan, dan diskusi hasil percobaan untuk mencapai kesimpulan. Dengan ini, diharapkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta ranah iman dan taqwa peserta didik dapat ditumbuhkembangkan melalui penerapan metode IQRA’ dalam memahami statistik. Ranah iman dan taqwa dapat ditumbuhkembangkan melalui diskusi kelas atau diskusi kelompok pada akhir kegiatan pembelajaran.