Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Berdasarkan Penilaian Kinerja Guru di SMPN se-Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto

Main Author: Iqram, Dzul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4255/1/Iqram%20Skripsi.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4255/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi pedagogik guru matematika berdasarkan penilaian kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto rata-rata 85,46 dan masuk kategori ‘Baik”. Namun, terdapat tiga indikator kompetensi yang masih rendah dengan kategori “Terpenuhi Sebagian”. Indikator yang dimaksud adalah: (1) Mengetahui penyebab peserta didik melakukan perilaku yang tidak diinginkan saat proses pembelajaran untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya rata-rata 1,42; (2) Menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukan, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran dengan rata-rata 1,42; (3) Melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan memperhatikan peserta didik dengan rata-rata 1,33. Hal-hal yang menyebabkan rendahnya hasil indikator kompetensi guru matematika berdasarkan penilaian kinerja guru meliputi : 1) kemampuan guru terkait : mengetahui karakater siswa dan menguasai metode pembelajaran yang ia terapkan, 2) kurangnya pengetahuan guru, dan 3) motivasi guru. Adapun implikasi yang dapat dilakukan yaitu: guru harus lebih meningkatkan kemampuannnya dalam kompetensi penilaian dan evaluasi, harus selalu berdiskusi dengan wali kelas siswa yang ia ajar terkait karakter siswa yang ada di kelas itu, harus mengetahui latar belakang siswa yang ia ajar walaupun ia bukan wali kelas, dan harus mampu untuk menerapkan berbagai model pembelajaran agar siswa lebih termotivasi untuk belajar.