Pengaruh Lembaga Dakwah Kampus dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Main Author: | Kamaruddin, Muh. Hamsah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/423/1/SKRIPSI%20MUH.%20HAMSAH%20KAMARUDDIN.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/423/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai peningkatan kecerdasan intelektual mahasiswa melalui lembaga dakwah kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana lembaga dakwah kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, bagaimana kecerdasan inteletual mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan apakah ada pengaruh lembaga dakwah kampus dalam meningkatkan kecerdasan intelektual mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan kecerdasan intelektual mahasiswa melalui lembaga dakwah kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian Paradigma Sederhana. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam negeri Alauddin Makassar yang berjumlah 30 orang sebagai responden yang mewakili.Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan lembar dokumentasi berupa indeks prestasi kumulatif (IPK). Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa lembaga dakwah kampus berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keceerdasan intelektual mahasiswa Universitas Islam NageriAlauddinMakassar. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata lembaga dakwah kampus adalah 76 dan skor rata-rata keceerdasan intelektual mahasiswa adalah 3,78. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai r hitung adalah 0,99 sedangkan r tabel adalaah 0,423, maka diketahui r lebih besar dari r table atau 0,99 � 0,423. Jika r hitung lebih besar dari r maka terdapat hubungan positif antara lembaga dakwah kampus terhadap kecerdasan intelektual. Dapat diliahat pada taraf signifikansi 5% dan 1% berturut-turut adalah 0,423 dan 0,99. Dengan demikian, nilai r hitung jauh lebih besar dari pada nilai r table dan hipotesis Haditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara lembaga dakwah tabel kampus dalam meningkatkan keceerdasan inteletual mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.