Hubungan Efikasi Diri dengan Kesiapan Interprofesional Education (IPE) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar

Main Author: Akhmad, Vovi Sulastri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4160/1/vovi%20sulastri.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4160/
Daftar Isi:
  • Interprofessional education (IPE) perlu diperkenalkan sejak dini di tahap perkuliahan untuk mempersiapkan tenaga kesehatan yang lebih profesional. Efikasi diri sebagai suatu keyakinan individu terhadap diri sendiri akan kemampuannya dalam melaksanakan tugas atau melakukan suatu tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki efikasi diri yang tinggi dengan persentase (56,8%) sebanyak 83 mahasiswa dan tidak ada mahasiswa dalam kategori efikasi diri yang rendah. Kemudian kesiapan IPE pada mahasiswa, mayoritas tinggi dengan persentase (89,0%) sebanyak 130 mahasiswa, dan tidak ada mahasiswa dalam kategori kesiapan IPE yang rendah. Dari hasil uji Chi Square menunjukkan bahwa nilai p=0,006 atau p<0,05 dan Ha (hipotesis) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kesiapan Interprofesional Education (IPE) pada mahasiswa FKIK UIN Alauddin Makassar”,dimana semakin tinggi tingkat efikasi diri mahasiswa maka semakin tinggi pula kesiapan IPE mahasiswa. Oleh karena itu, untuk mengimplementasikan Interprofesional Education (IPE) di FKIK UIN Alauddin Makassar perlu upaya untuk terlebih dahulu meningkatkan efikasi diri mahasiswa untuk meningkatkan kesiapan IPE.