Analisis Pelaksanaan Program Remedial Matematika dan Konstribusinya terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bontonompo Kabupaten Gowa

Main Author: Zella, Mutiara
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4138/1/MUTIARA%20ZELLA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4138/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Bontonompo kabupaten Gowa tidak terlaksana sebagaimana mestinya, sebab guru hanya langsung memberikan soal ulangan tanpa terlebih dahulu memberikan pembelajaran ulang kepada peserta didik terkait indikator yang belum mencapai standar KKM. Faktor pendukung terlaksananya program remedial mata pelajaran matematika kelas VIII yakni kegiatan peserta didik untuk mengikuti remedial untuk membantu menuntaskan nilai peserta didik yang belum mencapai KKM. Faktor penghambat meliputi terbatsnya waktu yang dimiliki untuk melaksanakan remedial, dikarenakan waktu libur yang tidak terduga. Cara mengatasi hambatan tersebut ialah mengambil jam pelajaran guru yang tidak masuk mengajar. Sedangkan hasil dari pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Bontonompo kabupaten Gowa ialah mengalami peningkatan pada remedial pertama.Namun, hal tersebut tidak menjadi tolak ukur meningkatkan hasil belajar peserta didik setelahh mengikuti remedial sebab peserta didik yang nilainya tidak mencapai nilai standar atau KKM langsung diberikan soal remedial tanpa terlebih dahulu memberikan pembelajaran ulang sesuai indikator yang belum dicapai peserta didik. Proses remedial di kelas VIII tidak sesuai dengan prosedur remedial