Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasarwajo Kab. Buton
Main Author: | Sariana, Nilla |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3878/1/NILLA%20SARIANA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3878/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata minat belajar fisika siswa sebelum menggunakan metode Brain Gym yakni 71,42 sedangkan skor rata-rata minat belajar yang diajar menggunakan metode Brain Gym secara berurutan sebesar 73,82, 75,00, dan 82,25. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data minat belajar dengan menggunakan SPSS 20 for windows uji kolmogorov Smirnov diperoleh data terdistribusi norma, hasil analisis statistik uji t Paired Samples Test diperoleh nilai sig sebesar 0,00 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa H ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan Brain Gym terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pasarwajo pada mata pelajaran fisika.0Implikasi dari penelitian ini yakni guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenagkan bagi siswa. Siswa diharapkan untuk menerapkan latihan Brain Gym secara rutin sehingga akan didapat efek yang lebih optimal terhadap peningkatan minat belajar.