Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads-Together) dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) dan Tanpa LKS (Lembar Kerja Siswa) pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar

Main Author: Widarnangti, Nura
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3693/1/Nura%20Widarnangti.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3693/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-HeadsTogether)dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) dan tanpa LKS (Lembar Kerja Siswa) pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar yang berjumlah 262 peserta didik terdiri atas kelas VIII 1 sampai dengan kelas VIII Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 48. sebagai kelas eksperimen 1 sedangkan VIII sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik, berupa pretest dan posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas eksperimen 1 yakni nilai rata-rata pretest adalah 57,42 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,66 sedangkan kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 56,81 dan nilai rata-rata posttest adalah 65,00. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai t hitung sebesar 0,000 yang lebih besar dari pada t tabel sebesar 0,05 (t) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima karena t atau 0,000 < 0,05 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together) tanpa LKS (Lembar Kerja Siswa) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar.