Penentuan Posisi Merek Motor Menggunakan Analisis Biplot

Main Author: Jamal, Dwi Rezky Aprilia
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3530/1/DWI%20REZKY%20APRILIA%20JAMAL.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3530/
Daftar Isi:
  • Perusahaan - perusahaan sepeda motor di Indonesia harus bersaing secara kompetitif untuk mempertahankan produk mereka di pasaran, oleh karena itu penentuan posisi atau positioning terhadap merek – merek sepeda motor sangat diperlukan oleh perusahaan, sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dilakukan adalah agar perusahaan bisa mengetahui letak atau posisi produk mereka terhadap pesaingnya serta apa saja atribut-atribut yang harus diperhatikan oleh produsenprodusen setiap merek motor untuk meningkatkan dan mempertahankan produk mereka, dengan demikian dapat digunakan metode analisis multivariat yaitu analisis Biplot. Biplot merupakan teknik statistika deskriptif berupa representasi grafik yang dapat menyajikan secara simultan n buah objek dan p buah variabel dalam satu grafik berdimensi dua. Dengan melakukan Singular Value Decomposition (SVD), akan memperoleh koordinat biplot. Berdasarkan penelitian ini, biplot memiliki keragaman sebesar 100% dan hasilnya adalah posisi merek motor Yamaha sebagai sepeda motor matic yang unggul pada atribut citra merek, Honda diposisikan sebagai merek motor yang unggul dalam segi kualitas dan desain produknya sedangkan Suzuki diposisikan sebagai merek motor yang tidak terlalu baik untuk setiap atribut. Dan berdasarkan grafik biplot, harga adalah atribut yang terlemah untuk semua merek motor, sehingga atribut ini adalah atribut yang harus perhatikan oleh masing – masing perusahaan sepeda motor. Kata Kunci : Biplot, Positioning, Singular Value Decomposition (SVD)