Strategi Penyajian Berita pada Portal Fajar Online.Com
Main Author: | Mutmainnah, Syahrina |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3518/1/SYAHRINA%20MUTMAINNAH.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3518/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap beberapa informan maka hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang selama ini dilakukan pada portal Fajar Online.Com adalah: Strategi ditopang oleh tiga hal, 1) strategi dalam pemilihan isu diefektifkan dalam memilih angle yang berbeda agar tidak sama dengan cetaknya atau kebanyakan media online, 2) strategi penempatan isu terdiri dari dua hal yaitu isu penting dan menarik, 3) strategi pengembangan pemberitaan dengan memadukan konsep penyajian berita konvensional dan follow up news. Dan strategi yang dilakukan oleh redaksi Fajar Online.Com dalam menjaga akurasi berita terkait kecepatan penyajian berita online yaitu: 1) wartawan selalu di ingatkan tentang keakurasian beritanya dan mengecek kembali berita setelah di kirim oleh wartawan dan setelah di edit oleh redaktur, 2) menyingkat berita langsung pada inti berita yang sangat penting, 3)memanfaatkan share ke media sosial, 4) memberikan penilaian terhadap berita yang dikirim wartawan dengan poin di kali dua untuk berita yang populer. Pandangan pengamat media terhadap media online khususnya Fajar Online.Com yaitu perkembangan media konvergensi hanya sebagai jawaban untuk perkembangan media saat ini, Fajar Online.Com termasuk media online yang sangat sedikit peminatnya karena Fajar Online.Com tidak mengikuti pola media dengan baik. Implikasi dari penelitian ini adalah Fajar Online.Com diharapkan tetap menyajikan berita-berita yang update, aktual, cepat, dan tepercaya agar tetap eksis dan terus bertahan, sebaiknya memiliki wartawan khusus media online, hendaknya pembaca menjadi konsumen yang cerdas dalam menerima informasi yang disajikan oleh media online.