Peranan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V dan Kelas VI MIS Sicini Kec. Parigi Kab. Gowa
Main Author: | Supardi, Supardi |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3352/1/SUPARDI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3352/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk kompetensi guru diperoleh data rata-rata 57,14 berada pada kategori sedang yaitu berada pada interval 53 X<61 dengan nilai terendah 53 dan nilai tertinggi 70. Dan untuk hasil minat belajar peserta didik diperoleh data rata-rata 60,89 berada pada kategori sedang yaitu berada pada interval 56 X<66 dengan nilai terendah 53 dan nilai tertinggi 69. Adapun hasil analisis statistik inferensial peranan kompetensi guru dalam mengembangkan minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa persamaan regresinya Y = (32,72)+(0,46)(2097) dan diperoleh F untuk uji keberartian sebesar 7,33, karena F hitung > F tabel (7,33 > 4, 15) sehingga H hitung diterima artinya (b 0). Sedangkan uji linearitas diperoleh F hitung 0 ditolak dan H 0,62 karena F a hitung < F (0,62<2,28) sehingga H 0 ditolak dan H diterima artinya regresi linear. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan kompetensi guru dalam meningkatkan minat belajar kelas V dan kelas VI MIS Sicini Kec. Parigi Kab. Gowa sebesar 18,49% dan sisanya 81,51% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sempat diteliti oleh peneliti.