Hubungan Antara Kebiasaan Bertanya Dengan Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipadi SMA Negeri11 Luwu”
Main Author: | Sahria, Sahria |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3281/1/SAHRIA%2020600113064.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3281/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakanpenelitiandeskriptif korelasional yang bertujuanuntukmengetahui: 1) Bagaimanagambarankebiasaanbertanyapesertadidikkelas XIPA di SMA Negeri 11Luwu. 2) Bagaimanagambaranhasil belajar kognitif fisikapesertadidikkelas XI IPA di SMA Negeri 11 Luwu. 3) Apakahadahubungan yangsignifikanantarakebiasanbertanyadenganhasil belajarkognitif fisikapesertadidikkelas XI IPA diSMA Negeri11 Luwu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMANegeri 11Luwu yang berjumlah 195 orang yang tersebar dalam 6 kelas yaitu XI Ipa 1sampai XI Ipa 6Sampel penelitian berjumlah 66 orang yang dipilih dari enamkelas dengan menggunakan teknik random sampling yang di proporsikan.Instrumenpengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengukur kebiasaan bertanyapeserta didik dan instrument lain yaitu dokumentasi untuk melihat nilai hasibelajarnya. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kebiasaanbertanya siswa sebesar 67,79 berdasarkan kategori kebiasaan bertanya peserta didikberada pada kategori tinggi.Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika siswasebesar 77,41. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik untuk korelassederhana di peroleh nilai r = 0,526berada pada rentang 0,40-0,599 dimana tingkahubungannya yaitu cukup kuat dengan kontribusi kebiasaan bertanya terhadap hasibelajar 27,67% dan masih banyak kontribusi lainnya yang tidak diperhitungkandalam penelitian ini. Sedangakan z hitung yang diperoleh sebesar 3,929 dan z sebesa1.96, sehingga t hitung > t . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yangsignifikan kebiasaan bertanya dan hasil belajar kognitif fisika XI IPA di SMANeger11 Luwu. tabel Implikasi penelitian ini yaitu sebagai pendidikharus memberi kesempatan danmotivasi kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum dipahamiKedua, bertanya hal yang perlu bagi peserta didik agar dapat mencurahkanmasalahnya dalam belajar dan pendidik dapat membantu peserta didik dalam belajardan ketigadalam penelitian ini dilakukan di SMA dengan karakteristik peserta didiklebih tinggirasa keingintahuannya lewat bertanya.