Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI Peserta Didik di SDN 20 Mandalle Kab.Pangkep

Main Author: Jannah, Wardatul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3266/1/WARDATUL%20JANNAH.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3266/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan gaya belajar peserta didik di SDN 20 Mandalle Kabupaten Pangkep.; (2) Mengungkap prestasi belajar peserta didik di SDN 20 Mandalle Kabupaten Pangkep; dan (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI pada peserta didik di SDN 20 Mandalle Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini dari semua jumlah populasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh: gaya belajar yang paling dominan digunakan adalah gaya belajar kinestetik dengan frekuensi 25 siswa (50%) dengan kriteria sangat baik, prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah baik dengan frekuensi 14 peserta didik (45.6%). Dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI SDN 20 Mandalle Kab. Pangkep yang dibuktikan dengan Fhitung 3.58 dengan kontribusi ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama yaitu sebesar 15%terhadap prestasi belajar PAI Sedangkan sisanya 85% dijelaskan oleh variabel di luar variabel yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar PAI. (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar PAI peserta didik SDN 20 Mandalle dibuktikan dengan Fhitung 1.63 dengan kontribusi gaya belajar visual terhadap prestasi belajar PAI adalah 0.0%. (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar PAI peserta didik SDN 20 Mandalle dibuktikan dengan Fhitung 0.32 dengan kontribusi gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar PAI adalah 0.0%. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar PAI peserta didik SDN 20 Mandalle dibuktikan dengan Fhitung 4.28 dengan kontribusi gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar PAI adalah 12%. Sehingga dari hasil penelitian ini ditarik suatu kesimpulan bahwa gaya belajar kinestetik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar PAI peserta didik di SDN 20 Mandalle Kab. Pangkep.