Pengaruh Kepribadian Pustakawan Terhadap Kepuasan Layanan pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar

Main Author: M, Wiwik Yuliani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3197/1/Wiwik%20Yuliani%20.M.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3197/
Daftar Isi:
  • Tesis ini mengkaji dan menelaah pengaruh kepribadian pustakwan terhadap kepuasan layanan pengguna di perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini Terdapat tiga permasalahan pokok, yakni : (1) Bagaimana gambaran Kepriabadian pustakawan di perpustakaan Universitas Negeri Makassar, (2) bagaimana gambaran Kepuasan layanan Pengguna di perpustakaan Universitas negeri Makassar, (3) adakah pengaruh Pengaruh Kepribadian pustakawan Terhadap kepuasan layanan Pengguna di perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif mengenai Pengaruh Pengaruh Kepribadian pustakawan Terhadap Kepuasan layanan Pengguna di perpustakaan Universittas Negeri Makassar Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif melalui cara deskriptif dengan pendekatan psikologi dan sosiolog. Adapun sumber data penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, angket, dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini pedoman observasi, angket, dan catatan dokumentasi. dengan teknik random sampling, selanjutnya data yang terkumpul di analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan gambaran pengaruh kepribadian pustakawan mengenai perpustakaan di Universitas Negeri Makassar berada pada kategori sedang dimana mean skor ( ̅) = 3.843 yang berada pada nilai 137 - 182 dengan jumlah responden 50 orang. Terbukti bahwa sebanyak 8 responden yang berada pada kategori “rendah” dengan persentase 16%, 35 responden yang berada pada kategori “sedang” dengan persentase 70%, dan sebanyak 7 responden berada pada kategori “tinggi” dengan persentase 14%. Dari penjelasan in dapat disimpulkan secara umum bahwa Kepribadian pustakwan mengenai kepuasan layanan di Universitas Negeri Makassar adalah kategori sedang. Berdasarkan bahwa kepuasan layanan Pengguna di Universitas Negeri Makassar dikategorikan sedang dimana mean skor ( ̅) = 1.132.24 yang berada pada nilai 150 - 349 dengan jumlah respondem 50 orang. Terbukti bahwa sebanyak 7 responden yang berada pada kategori “rendah” dengan persentase 14%, 34 responden yang berada pada kategori “sedang” dengan persentase 68%, dan sebanyak 9 responden berada pada kategori “tinggi” dengan persentase 18%. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan secara umum bahwa Kepuasan layanan Pengguna di Universitas Negeri Makassar adalah berada pada kategori sedang. Implikasi dalam penelitian ini adalah diharapkan pustakawan lebih meningkatkan pengaruh kepribadian pustakawan dalam hal kepuasan layanan pengguna, di perpustakaan menjadi lebih baik sehingga pengungjung atau pengguna perpustakaan memiliki minat yang tinggi untuk berkunjung keperpustakaan.