Mentoring Resolusi 40 Hari dalam Program Character Building Training (CBT) UIN Alauddin Makassar

Main Author: Mirwan, Muhammad
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3150/1/Muhammad%20Mirwan.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3150/
Daftar Isi:
  • Tesis ini bertujuan mendeskripsikanpola mentoring resolusi 40 hari dalamprogramCharacter Building Training(CBT) UIN Alauddin Makassar. Latarbelakang munculnyaprogram character building training (CBT) ini karena adanyakrisis karakter pada mahasiswa yang sangat memprihatinkan dan memalukan.Sehingga UIN Alauddin Makassar melakukan pembinaan karakter terhadapmahasiswa dengan melaksanakan program character building training (CBT).Tujuan khusus dari program ini adalah memberikan wawasan dasar yangkomprehensif kepada mahasiswa tentang pentingnya pembangunan karakter diriyang berbasis pada nilai-nilai kebudayaan, keislaman yang meliputi aspekintelektual, emosional, moral, social dan spiritual. Pengambilan data penelitian dilakukan di lapangansecara langsung(fieldresearch) Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif evaluatifyang bercorak fenomenologidengan penekanan secara simultanyang bersumber dari observasi, wawancara,dan ekslorasi data lapangan menujuperumusan teoritik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwadalam pelaksanaan mentoring resolusi40 hari perlu adanya pola yang seragam bagi para mentor dalam melaksanakankegiatan mentoring. Karena selama peneliti amati sebagian mentor menjalankanmentoring hanya tanda tangan lembar resolusi alumni character building training(CBT). Oleh Karen itu, melalui penelitian ini, peneliti memberikan sebuah polayang efektif dalam melaksanakan mentoring resolusi 40 hari. Pola yang penelitiberikan adalah dengan pola Komunikasi Antarpribadi atau Interpersonal. Denganpola ini pelaksanaan mentoring bias berjalan efektif, karena dengan pola iniseorang mentor dan alumni terjadi komunikasi secara dialogis dan interaktif,sehingga yang menjadi kendala yang dialami oleh alumni dalam menjalankanresolusinya bisa mendapatkan solusi dari mentor dan terjadi umpan balik darikedua belah pihak. Pengembanganprogram character building training (CBT) UIN AlauddinMakassar perlu dibenahi dengan membuat sebuah SOP atau manual prosedurtentang pelaksanaan mentoring, sehingga para alumni bias menerapkan resolusi 40hari yang mereka tulis dengan optimal dan bisa merubah karakter alumni characterbuilding training (CBT) menjadi lebih baik dan bisa melaksanakan aktifitaskampus tepat waktu.