Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Pelaksana dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar Tahun 2012

Main Author: Hilwa, Andi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3069/1/ANDI%20HILWA%20%2870300108002%29_opt.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3069/
Daftar Isi:
  • Komunikasi terapeutik merupakan keterampilan yang harus dimiliki perawat. Dimana penyebab sumber ketidakpuasan pasien sering disebabkan karena jeleknya komunikasi yang terjadi yaitu berupa sikap dan keterampilan perawat saat berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tahap pengenalan, tahap kerja dan tahap terminasi dengan kepuasan pasien di Ruang Perawatan RSUD Haji Makasssar Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan desain Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien di Ruang Perawatan RSUD Haji Makassar yaitu sebanyak 83 responden dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistic Chi-square dengan tingkat kemaknaan 5% (0,05) dan uji Regresi dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian yang diuji menggunakan Chi-Square dan uji Regresi menunjukkan bahwa hubungan tahap pengenalan dengan kepuasan pasien diperoleh nilai p=0,000 (p<0,05) dan OR=14,000, hubungan tahap kerja dengan kepuasan pasien diperoleh nilai p=0,003 (p<0,05) dan OR=7,942, sedangkan tahap terminasi dengan kepuasan pasien diperoleh nilai p=0,016 (p<0,05) dan OR=5,681. Kemudian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara tahap pengenalan, tahap kerja dan tahap terminasi dengan kepuasan pasien di Ruang Perawatan RSUD Haji Makasssar Tahun 2012. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan perawat perlu menerapkan komunikasi terapeutik pada saat melakukan pelayanan keperawatan.