Efektivitas Penerapan Model LC (Learning Cycle) Melalui Kombinasi Strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep
Main Author: | Badwi, Ratih Lestari |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3057/1/RATIH%20LESTARI%20BADWI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3057/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang sebelum dan setelah penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo, serta mengetahui penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo efektif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang yang berjumlah 51 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Sampel penelitian berjumlah 25 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil perhitungan uji t-test paired untuk aktivitas diperoleh nilai t sebesar 18,237dan t tabel sebesar 1,711, sehingga t xiv 0 > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Pada analisis hasil belajar diperoleh nilai t 0 sebesar 14,258 dan t tabel sebesar 1,711, sehingga t 0 > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian yaitu salah satu model pembelajaran yang digunakan saat mengajar, perlu dilakukan penelitian yang serupa dengan pengembangan pendekatan yang lebih bervariasi, mengembangkan penelitian dengan kombinasi model pembelajaran yang berbeda dalam proses pembelajaran disekolah, serta peneliti selanjutnya kiranya mencoba meneliti kembali dengan variabel baru, yang relevan dengan penelitian tersebut.