Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System pada Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin
Main Author: | Sanusi B., Yusring |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/303/1/Yusrin%20Sanusi%20B..pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/303/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah: 1) Memaparkan kondisi aktual pembelajaran bahasa Arab pada Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin, 2) Memaparkan model pengembangan pembelajaran bahasa Arab online berbasis Learning Management System (LMS) pada Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin, dan 3) Memetakan bentuk implementasi model pembelajaran bahasa Arab online berbasis Learning Management System (LMS) pada Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin. Secara metodologis, penelitian ini tergolong positivistik dengan pendekatan linguistik terapan dan komputerisasinya (applied and computational linguistic). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D). Metode ini memerlukan beberapa tahapan yang dimulai dari analisis kebutuhan, desain model, pengembangan model, evaluasi formatif, dan produk akhir. Metode pengumpulan data penelitian ini bersifat gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Partisipan mengisi kuesioner yang dibuat pada Google Document. Kuesioner ini memakai skala 1-5 dan berbasis pada Technology Acceptance Model (TAM). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan validasi ahli teknologi pembelajaran, ahli dan praktisi e-learning serta ahli instruksional pembelajaran. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi pembelajaran bahasa Arab online berbasis LMS pada program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin mendukung untuk diterapkan, 2) Model pembelajaran bahasa Arab online berbasis Learning Management System (LMS) pada Program Studi Sastra Sastra Arab Universitas Hasanuddin dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna LMS, khususnya dari sisi instruksi bahasa Arab dan tampilan, dan 3) Model pembelajaran bahasa Arab online berbasis LMS di Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin sangat berterima. Implikasi dari penelitian ini adalah penyesuaian aplikasi model pembelajaran bahasa Arab online ini dengan kemajuan dan perkembangan teknologi harus selalu dilakukan, khususnya hardware dan software. Selain itu, model ini harus dievaluasi optimalisasi pengunaannya secara berkala, baik dari sisi manajemen institusi maupun dari sisi aplikasi itu sendiri.