Efektivitas pembelajaran kooperatif Tipe think pair share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Kemagnetan Pada Siswa Kelas IX MTs Madani Alauddin Pao-pao

Main Author: Jariah, Ainun
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3028/1/Ainun%20Jariah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3028/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis data hasil belajar siswa sebelum menggunakan modelpembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) mencapai nilai rata-rata46,66, pedoman Depdikbud tentang kategori hasil kognitif siswa yang menunjukkan persentase yang terbesar ditunjukkan pada kategori rendah yaituebesar 12,5% dari 24 siswa. sedangkan setelah menggunakan modelpembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) mencapai nilai rata-rata76,6, pedoman Depdikbud tentang kategori hasil kognitif siswa yangmenunjukkan persentase yang terbesar ditunjukkan pada kategori tinggi yaituebesar 29,16% dari 24 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis denganmenggunakan uji-t diperoleh t hitung = 13,44 dan nilai t tabel = 2,06. Karena nilai hitung > t tabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think PairShare (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kemagnetan.