Tinjauan Hukum Terhadap Kelalaian Pelayanan pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) dalam Pengiriman Barang

Main Author: Tahir, Hasnita
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2838/1/Hasnita%20Tahir%2C%20SH.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2838/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk : 1) Mengetahui bagaimana pelayanan dalam pengiriman barang pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Gerai Hertasning. 2) Mengetahui bagaimana tanggung jawab PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) apabila terjadi wanprestasi. Dalam menjawab permasalahan ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang digunakan untuk memperjelas kesesuaian antara teori dan praktek, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan undang-undang dengan menggunakan disiplin ilmu dan peraturan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Undang-undang Perlindungan Konsumen, adapun teknik pengumpulan data yaitu 1) Wawancara dengan pihakpihak yang dapat memberikan informasi berkaitan dengan judul penulis, 2) Observasi pengamatan langsung dilapangan, instrumen penelitian yang dipakai adalah pedoman wawancara, daftar pertanyaan, dokumen, dan media elektronik seperti HP untuk dokumentasi dan sebagai alat perekam. Adapun teknik dan pengelolaan data baik itu data primer maupun data sekunder dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif menggambarkan, menjelaskan dan menguraikan yang berkaitan erat dengan penyusunan ini Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Gerai Hertasning ditinjau dari segi penyampaian pelayanan secara cepat telah dilakukan secara baik dan tepat waktu, namun dari segi ketetapan waktu layanan belum dilakukan dengan baik karena terbatasnya karyawan yang tidak seimbang dengan jumlah konsumen sehingga sering mengakibatkan antrian. Adapun tanggung jawab PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Gerai Hertasning akibat wanprestasi, apabila kerugian yang dialami konsumen akibat kesalahan perusahaan, perusahaan Jasa TIKI akan mengganti kerugian tersebut sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya antara perusahaan Jasa TIKI dan konsumen Implikasi dari penelitian ini adalah : 1) Memberikan informasi yang jelas kepada setiap konsumen yang ingin melakukan pengiriman barang dan mencari solusi dari tiap masalah yang di hadapi setiap konsumen. 2) Apabila perusahaan pengiriman barang ingin mempertahankan kepercayaan konsumen, seharusnya perusahaan lebih memperbaiki lagi sistem pelayanan dalam perusahaan, seperti perlu adanya rekrutmen karyawaan agar jumlah karyawaan sesuai dengan kebutuhan konsumen.