Peranan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Poso
Main Author: | Nurlaela, Nurlaela |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2837/1/Nurlaela.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2837/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran advance organizer sebahagian guru telah menerapkan, namun masih perlu penyempurnaan, adapun langkah pelaksanaannya diawali dengan pengemasan awal atau perencanaan awal pembelajaran berupa penetapan tujuan, pengorganisasian materi, terintegrasi antara kerangka utama dan isi yang berupa kerangka dasar dengan struktur organisasi tertinggi yang menjadi batang tubuh materi. Dalam pengorganisasian yang perlu pengembangan adalah penentuan kerangka dasar dan subordinat isi serta hal yang menjadi pengait dalam konstruk skema. Selanjutnya penyampaian materi yangharus sesuai dengan pengorganisasian yang telah tersusun. Peranan model pembelajaran advance organizer pada pembelajaran Al-Qur’an-Hadis dapat dilihat dari kontribusi yang diberikan yaitu berupa: kemampuan menyerap, mencerna dan mengingat pelajaran dengan baik, dapat melatih siswa berpkir kreatif sejak berada pada pendidikan tingkat dasar dan memberi motifasi kepada guru untuk lebih meningkatkan tugas profesinya dengan baik. Implikasi penelitian ini diharapkan berdampak positif terhadap pengembangan dalam perencanaan pembelajaran khususnya dalam penentuan kerangka dasar, sub ordinat isi serta hal yang menjadi pengait dalam konstruk skema, terlihat dalam perbedaan skema. Jika telah dikembangkan, diharapkan setiap guru untuk dapat melakukan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis dengan model Advance Organizer di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Poso tentunya sesuai materi, sehingga output akan lebih berkualitas.