Optimalisasi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Alquran Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri I Dakopemean Kabupaten Tolitoli

Main Author: Dong, Moh
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2828/1/Moh.%20Dong1.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2828/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran baca tulis Alquran yang dilakukan oleh guru PAI yakni menggunakan metode tutor sebaya, dengan menunjuk peserta didik yang memiliki kompetensi baca tulis Alquran lebih baiksebagai tutor bagi teman-temannya. 2) keterlibatan guru dalam pembelajaran bacaulis Alquran melalui tutor sebaya dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembelajaran, sedangkan keterlibatan orang tua dalam bentuk penyediaan fasilias tempat kegiatan. 3) kegiatan baca tulis Alquran melaluitutor sebaya sangat optimal, disebabkan adanya dukungan dari berbagai pihak, baik Kepala sekolah dan jajarannya, orang tua maupun peserta didik itu sendiri sehingga kompetensi baca tulis Alquran bagi peserta didik sebagian besar mengalami peningkatan. Hambatannya terletak pada kompetensi guru PAI yang belum memadai dan keterbatasan sarana tempat kegiatan (rumah yang tidak mampu menampung peserta didik yang hadir dalam setiap kegiatan pembelajaran).