Efektivitas Penerapan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matemetika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar

Main Author: Rahman, Syaiful
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/276/1/syaiful%20rahman.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/276/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penerapan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Koperatif tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang tidak menerapkan strategi kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. (2) Untuk Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan strategi kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. (3) Untuk Mengetahui apakah penerapan strategi kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 248 siswa yang terdiri atas 7 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling.Sampelnya dalam kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes dengan menggunakan soal essai sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol (pretest) sebesar 60,05 dan posttest sebesar 67,92, sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 61,38 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 78,43. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari α yaitu 0,05 (0,000< 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Koperatif tipe STAD Efektif terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar.