Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Terhadap Minat Belajar Siswa MTsN Biringkanayya Makassar
Main Author: | Burhanuddin, Burhanuddin |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2743/1/bURHANUDDIN.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2743/ |
Daftar Isi:
- Tesis ini membahas tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran SKI terhadap minat belajar siswa MTsN Biringkanayya Makassar yang terletak dijalan Perintis kemerdekaan KM.15 Makassar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap minat belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Biringkanayya? Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan secara objektif efektivitas penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap minat belajarsiswa pada mata pelajaran SKI di MTsN Biringkanayya Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif.Pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan teologis normatif.Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder.Subjek penelitian adalah siswa yang duduk di kelas VIII MTsN Biringkanayya Makassar.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi.Teknik pengolahan dananalisis data menggunakan analisis data kualitatif dan teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian di lapangan diperoleh data bahwa penggunaan media pembelajaran elektronik sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Media pembelajaran elektronik menimbulkan rasa senang sehingga perhatian peserta didik dapat terfokus pada materi pelajaran yang disampaikan. Peserta didik merasa mudah menerima pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan meminimalkan terjadinya kesalahan makna dan pecahnya konsentrasi karena banyak berangan-angan.Kendala penggunaan media pembelajaran elektronik di MTsN Biringkanayya Makassar dapat diatasi dengan membangun motivasi pendidik untuk mau berkreasi dan berinovasi dalam menciptkan pembelajaran yang bermutu. Implikasi penelitian ini dalam upaya mengefektifkan penggunaan mediapembelajaran Elektronik dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaranSejarah Kebudayaan Islam di MTsN Biringkanayya Makassar. Pendidik memilikimotivasi yang kuat untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.