Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Camtasia Studio dan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar

Main Author: Al Arham, Mashita
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2684/1/MASHITA%20AL%20ARHAM.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2684/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio, (2) Bagaimana hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio dan media pembelajaran PowerPoint. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio, (2) mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint, (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio dan media pembelajaran PowerPoint. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri dari 6 kelas, dengan penyebaran yang homogen. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah dengan cara teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yang masingmasing kelas berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sejumlah 20 nomor (materi sistem pencernaan). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif, rata-rata hasil belajar biologi menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio sebesar = 94 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi kelompok yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint sebesar = 79. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh t hitung 0,557< t 2,000 dan signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari penggunaan media pembelajaran Camtasia Studio terhadap hasil belajar peseerta didik pada pokok bahasan sistem pencernaan kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar.