Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep
Main Author: | Muammar, Muammar |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2496/1/Muammar.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2496/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab permasalahan tentang profesioanlisme guru dalam pengelolaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep dengan permasalahan (1) Bagaimana profesionalisme guru dalam perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (2) Bagaimana profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (3) Bagaimana profesionalisme guru dalam mengevaluasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka kabupaten Pangkep. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, Instrumen tersebut didukung oleh instrument lain yaitu wawancar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, profesionalisme guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah guru selalu merencanakan pelaksanaan pembebelajaran dengan merujuk kepada silabus yang telah ada serta menyesuaikan materi dengan kondisi peserta diddik, kemudian menguasai bahan ajar, mempunyai metode yang variatif, membimbing dan mengarahkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka, Guru melaksanakan sesuai dengn rencana pelaksanaan pembelajaran dan aplikasinya dalam proses pembelajaran sudah baik, namun dalam menutup kegiatn pembelajarn guru belum menyisihkan waktu yang cukup untuk meninjau kembali materi yang telah diberikan dan memberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kepada peserta didik. Guru menyesuaikan metode dengan bahan pelajaran, dan memberikan pembiasaan ke pada peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas. Pada tahap evaluasi guru tidak hanya melihat dari segi kecerdasan akan tetapi guru juga melihat dari segi sikap dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits serta melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya dengan meberi keteladanan bagi peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada para guru agar lebih meningkatkan profesionalismenya sehingga pembelajaran lebih maksimal. Peserta didik diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajarnya baik secara konseptual