Metode Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Problematikanya pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Lenggo-lenggo Kec. Sinjai Timur. Kab. Sinjai
Main Author: | Marhaya, Marhaya |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2443/1/MARHAYA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2443/ |
Daftar Isi:
- Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode belajar yang digunakan di MTs Darul Hikmah adalah: Metode Ceramah, Metode Membaca, Metode Tanya Jawab, Metode Drill menurut penulis adalah drill atau latihan menulis, dan Metode Hafalan. (2) problematika terhadap penggunaan metode metode yang digunakan guru qur’an hadist pada Siswa MTs Darul Hikmah sebagai berikut : Faktor asal sekolah anak dan juga pendidikan non formal keagamaan,Faktor kemampuan anak yang berbeda-beda. Disinilah guru sangat penting untuk menentukan metode yang tepat.Ceramah adalah metode yang sangat sering digunakan di MTs Darul Hikmah,menurut penulis memang mengharuskan menggunakan ceramah mata pelajaran ini selain itu juga dengan pertimbangan faktor siswa yang lebih banyak lulusan dari SD, Faktor dari guru yang bersangkutan juga menjadi problematika dalam metode pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang masih terbatas. Implikasi dari penelitian ini di antaranya: Sekolah menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran qur’an hadist seperti penambahan media pembelajaran yang berupa audio visual dan buku-buku penunjang, Sekolah mempunyai catatan khusus terkait dengan kemampuan anak didik pada awal-awal di MTs agar dapat prioritas pembelajaran dari guru mata pelajaran qur’an hadis dan menentukan langkah selanjutnya, Hendaknya guru maupun orang tua mewajibkan dan memberi motivasi kepada siswanya yang masih kurang pengetahuan tentang ilmu tajwid dan membaca al qur’an untuk belajar di TPQ atau kegiatan mengaji di rumah.