Peranan Tata Tertib Madrasah dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tinambung Kabupaten Polewali Mandar

Main Author: Rohaniah, Rohaniah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2434/1/Rohaniah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2434/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitianini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan tiga tahapan yakni pra pembelajaran, pembelajaran dan pasca pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru memberikan materi pelajaran, menjelaskan masalah-masalah yang kurang dan belum dipahami peserta didik secara langsung. Guru menjawab/menjelaskan pertanyaan-pertanyaan peserta didik berdasarkan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran setiap sub-sub pokok materi pelajaran, dengan kembali menampilkan slidenya. Upaya guru menciptakan kondisi belajardengan menggunakan strategi, metode pembelajaran yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran salahsatu dengan menggunakan komputer.Hasil proses peranan tata tertib menimbulkan sikap disiplin, tata kramah, bertanggung jawab, berdidikasi, dan memiliki sikap optimis dalam diri peserta didik. Implikasi penelitian ini adalah penerapan tata tertib di madrasah dengan menggunakan pendekatan pembiasaan dan keteladanan, menjadikan peserta didik secara sadar untuk mentaati aturan tersebut bukan karena mendapatkan hukuman atau mendapatkan hadiah tetapi kesadaran sendiri bahwa tata tertib tersebut merupakan kebutuhan mereka sendiri dalam kehidupan sehari-harinya untuk dapat berprestasi secara akademik maupun non akademik.