Peranan Guru Profesional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTsN Banggae Kabupaten Majene

Main Author: Hamzah, Hamzah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2302/1/Hamzah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2302/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatan fenomenologi, teologis normatif, dan fsikologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah, KTU, Wakamad, dan Guru-Guru yang sudah tersertifikasi. Selanjutnya metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sementara untuk teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: display data, reduksi data dan interpretasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru di MTsN Banggae sebagian besar sudah berpendidikan Strata1(Sarjana) bahkan ada dua orang guru yang sudah Magister, dan yang dinyatakan sudah tersertifikasi adalah 15 orang. Untuk kompetensi guru, rata-rata sudah mempunyai kemampuan merencanakan program pengajaran yang tertuang dalam bentuk RPP. Sementara untuk penguasaan bahan ajar, dari hasil wawancara peneliti terlihat secara kesuluruhan guru sudah melakukan upaya untuk melakukan penguasaan materi ajar namun masih ada sebagian kecil dari guru yang belum menguasai materi ajar dengan baik dikarenakan latar pendidikannya yang tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya. Prestasi belajar siswa di MTsN. Banggae terlihat sudah sangat baik atau meningkat, dari data yang diperoleh peneliti menunjukkan prestasi belajar yang diraih oleh siswa seluruhnya sudah memenuhi standar KKM untuk hasil semester, sementara itu untuk UN telah mencapai tingkat kelulusan 100 %, dengan melihat nilai rata rata sekolah pada tahun pelajaran 2011/2012 ternyata mengalami peningkatan pada tahun pelajaran 2012/2013. Adapun faktor pendukungnya, dukungan yang baik dari kepala Madrasah,