Desain Aktivitas Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Logik-Matematis Anak Usia Dini

Main Authors: Yaumi, Muhammad, Sirate, Sitti Fatimah Sangkala
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Jakarta , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/221/1/Kecerdasan%20Logic-Matematika%20terbit.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/221/
http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/index
Daftar Isi:
  • Tujuan studi ini adalah untuk memperbaiki desain aktivitas pembelajaran, mengembangkan jenis aktivitas dan mengintegrasikan komponen desain ke dalam aktivitas pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan logik-matematik anak usia dini. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kolaboratif dengan melibatkan 30 responden/informan, 5 orang pengawas dan 10 orang kepala sekolah sebagai kolaborator. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, forum group discussion, studi dokumen, angket, dan tes dengan menggunakan teknik analisis data kualtitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain aktivitas pembelajaran telah mendorong pendidik untuk menerapkan survei kecerdasan logik-matematik, menerapkan delapan jenis aktivitas pembelajaran, dan memperbaiki kemampuan pendidik dalam mengintegrasikan komponen desain. Peserta didik menjadi berkembang sesuai dengan bakat, talenta dan minat mereka.