Kontribusi Guru Honorer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko Kabupaten Polewali Mandar

Main Author: Abbas, Yunus
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2196/1/Yunus%20Abbas.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2196/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi guru honorer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko Kabupaten Polewali Mandar dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: pemikiran/ide, stimulasi,dan profesionalisme sebagi seorang pendidik yang lebih maksimalkan pengembangan metode pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi, juga memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran yang tersedia agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang dapat menunjang peningkatan ilmu pengetahuan dan kompetensinya, serta tidak mengabaikan aspek ketaqwaan kepada Allah swt. sebagai bekal peserta didik dalam mengabdikan diri di masyarakat. implikasi dari hasil penelitian adalah: 1) Instansi terkait dalam hal ini pengelola pendidikan bersama dengan stakeholder lebih tanggap dengan kebutuhan para guru mengenai kelengkapan peralatan dan bahan praktikum untuk menunjang terlaksananya kegiatan praktikum yang dapat menunjang peningkatan kompetensi kejuruan peserta didik, 2) para guru dan pihak sekolah hendaknya lebih komunikatif dalam menyampaikan kebutuhan-kebutuhannya dalam proses pembelajaran, 3) dibutuhkan adanya kerjasama dengan pihak yang berhubungan langsung dengan pembinaan di asrama berupa pengawasan dan pengarahan dengan tujuan peserta didik lebih optimal dalam memanajemen waktu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.