Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Kota Makassar

Main Author: Wijaya, Reski
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1990/1/SKRIPSI%20RESKI%20WIJAYA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (brandequity)terhadap keputusan pembeliansmartphonemerek Samsung di Kota Makassardan variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembeliansmartphonemerek Samsung di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.Populasi dalampenelitian ini adalah masyarakat Kota Makassar yang menggunakan smartphonemerek Samsung yang dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linierberganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek yang terdiridari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merekmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian smartphonemerek Samsung.Dari hasil perhitungan uji Fdiketahui bahwa F hitung = 324.824dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesadaran merek mempunyai koefisienregresi sebesar -0,211, asosiasi merek mempunyai koefisien regresi sebesar 0,458,persepsi kualitas mempunyai koefisien regresi sebesar 0,279, dan loyalitas merekmempunyai koefisien regresi sebesar 0,389. Hal ini dapat disimpulkan bahwavariabel asosiasi merek adalah variabel yang paling dominan mempengaruhikeputusan pembeliansmartphone merek Samsung di Kota Makassar.