Pengaruh Desain Bahan Ajar Bahasa Arab (Kitabah) terhadap Maharah al-Kitabah (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Parepare)
Main Author: | Susilawati, Susilawati |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1847/1/Susilawati.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1847/ |
Daftar Isi:
- Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan maharah al-kitabah peserta didik pada kelompok kontrol dan eksperimen, serta perbedaan kemampuan maharah al-kitabah kedua kelompok tesebut.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan corak positivistik. Adapun jenisnya adalah penelitian eksperimen dengan desain kuasi experimental design dengan jenis pretest - posttest control group design. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji t (t-test). Pada pretest pada kedua kelompok menunjukkan bahwa kemampuan maharah al-kitabah masih sangat rendah. Hal tersebut diketahui berdasarkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh kelompok kontrol yaitu 47,50 dan kelompok eksperimen 45,29. Setelah menerapkan desain bahan ajar bahasa Arab yang terkhusus pada materi kitabah, maka peneliti melakukan posttest untuk mengetahui pengaruh desain tersebut terhadap kemampuan maharah al-kitabah peserta didik kelas X MAN 1 Parepare. Hasil tes akhir menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu kelompok kontrol memperoleh rata-rata kelas 54,70 dan kelompok eksperimen 76,47. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan t-test, maka diperoleh t 68 yang lebih besar dari t pada taraf kesalahan 5 % uji dua pihak dan dk -2 = 15 yaitu 2,131 dan menunjukkan bahwa H tabel o diterima dan H ditolak. Hal ini berarti terdapat peningkatan positif dalam penerapan desain bahan ajar bahasa Arab terhadap maharah al-kitabah peserta didik kelas X MAN 1 Parepare. i Materi kitabah dalam buku ajar bahasa arab kurikulum 2013 sangat sedikit. Sehingga kegiatan mendesain bahan ajar dalam peningkatan maharah al-kitabah sangat penting dilakukan oleh guru demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. hitung