Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas (Outing Class) Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas V MIS NCERA Kecamatan Belo Kabupaten Bima

Main Author: Harmin, Harmin
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17274/1/Harmin.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17274/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas (outing class). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum diajar dengan pembelajaran di luar kelas (outing class) yaitu sebesar 52,41 dan nilai rata-rata setelah diajar dengan pembelajaran luar kelas (outing class) sebesar 83,43. Adapun hasil analisis statistik <@ = 0,05 (0,037 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95% dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik sebelum diajar menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (outing class) tidak sama dengan nilai rata-rata hasil keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas (outing class).