Resepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Terhadap Dakwah Melalui Instagram Ustadz @Hanan_Attaki
Main Author: | Rajab, Dyah Sri Lestari |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16931/1/DYAH%20SRI%20LE.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16931/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian dengan 22 Informan Mahasiswa KPI menunjukkan bahwa: 1) konten dakwah Ustadz Hanan Attaki mempunyai ciri khas suara audio dan visualnya yang cocok dengan cara penyampaian dakwahnya dan di setiap unggahan mempunyai hastag #1minutesbooster yang artinya memiliki durasi satu menit dan materi video dakwah langsung ke inti ceramah dan juga Ustadz Hanan Attaki selalu meng-upload konten dakwah dengan tema yang beragam setiap minggunya. Begitupun dengan judul konten dakwahnya yang mmembuat anak milenial selalu termotivasi. Ustadz Hanan Attaki juga menyampaikan pesa-pesan dakwah pada feed Instagramnya sepert, Aqidah (keimanan), Syari’ah (ibadah) dan Akhlak (budi pekerti). 2) penerimaan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam terhadap akun Instagram dakwah Ustadz @Hanan_Attaki yaitu menggunkan teori resepsi dan efek feedback, Mahasiswa KPI lebih ke posisi hegomoni dominan yaitu menerima dengan baik dakwah Ustadz Hanan Attaki di akun Instagarmnya karena Ustadz Hanan Attaki menyampaikan pesan dakwah dengan bahasa anak milenial yang mudah dipahami, ditambah dengan audiovisual yang dapat diterima dengan baik oleh kalangan anak muda. Pesan yang disampaikan Ustadz Hanan Attaki mampu diterima dan diterapkan secara bertahap mulai dari konten motivasi, introspeksi diri, dan motivasi hijrah.