Pemanfaatan Modul Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Peserta Didik di SDN No.104 Inpres Maradekaya
Main Author: | Latif, Nur Hidaya |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16910/1/Nur%20Hidaya%20Latif.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16910/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar PAI peserta didik di SDN No.104 Inpres Maradekaya Kab. Takalar sebelum pemanfaatan modul berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada pada kategori “rendah” dengan presentase 73,68% dan setelah pemanfaatan modul berada pada kategori “sedang” dengan presentase 63,15%, hasil belajar PAI peserta didik sebelum pemanfaatan modul berada pada ketegori “sedang” dengan presentase 84,21%. Peningkatan terjadi pada motivasi dan hasil belajar PAI dengan pemanfaatan modul berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achieveent Division (STAD). Motivasi belajar PAI peserta didik dari nilai rata-rata 29,52 meningkat menjadi 42,23, sedangkan untuk hasil belajar PAI peserta didik di SDN No.104 Inpres Maradekaya dengan pemanfaatan modul berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dari nilai rata-rata 57,10 meningkat menjadi 70,00.