Perbandingan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan GI (Group Investigation) terhadap Hasil Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X MA Madani Pao-pao

Main Author: Ulya, Nur Isma Yatul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16824/1/Nur%20Isma%20Yatul%20Ulya.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16824/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deksriptif, rata-rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebesar = 84 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) sebesar = 82. Hasil analisis uji normalitas pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menunjukkan nilai sig. = 0,061 > α = 0,05 dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) menunjukkan nilai sig. = 0,057 > α = 0,05 yang menyatakan bahwa kedua nilai kelas tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis homogenitas data menunjukkan nilai sig. = 0,553 α = 0,05 menyatakan data sampel homogen. Uji hipotesis dilakukan uji t menunjukkan yang diperoleh nilai t hitung = 0,637 < t tabel = 2,000 hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MIA MA Madani Pao-pao.