Pengaruh Praktikum terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Jeneponto

Main Author: HS, Sulastri.
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16791/1/Sulastri.%20HS.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16791/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian pada analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor hasil belajar kelas esperimen sebesar 80,75 dan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 55%, sedangkan rata-rata skor hasil belajar kelas kontrol sebesar 56,75 dan berada pada kategori tinggi dengan persentase 40%. Untuk analisis deskriptif data aktivitas belajar diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar kelas eksperimen sebesar 85,45 dan berada pada kategori tinggi dengan persentase 55%, sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar kelas kontrol sebesar 53,30 dan berada pada kategori rendah dengan persentase 40%. Pada analisis inferensial Berdasarkan hasil analisis hipotesis hasil belajar diperoleh nilai t hitung = 4,386 sedangkan nilai t tabel = 2,021 maka dapat disimpulkan bahwa nilai t h > t t atau nilai t hitung tabel lebih besar dari nilai t tabel. Sedangkan analisis hipotesis aktivitas belajar diperoleh nilai t hitung = 8,78 sedangkan nilai t tabel = 2,021 maka dapat disimpulkan bahwa nilai t h > t atau nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Sehingga berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif maunpun inferensial membuktikan bahwa metode praktikum memiliki pengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jeneponto pada materi pertumbuhan dan perkembangan.