Pengaruh Pemberian Metode Resitasi dan Brainstorming terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Biologi Materi Sistem Peredaran Darah di Kelas XI MAN Manggarai Timur (NTT)

Main Author: Ariyanti, Ariyanti
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16782/1/Ariyanti.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16782/
Daftar Isi:
  • Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yang menunjukkan motivasi belajar dengan menggunakan metode resitasi dan brainstorming diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,08 sedangkan yang menunjukkan motivasi belajar tanpa menggunakan metode resitasi dan brainstorming pada kelas control 62.60. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji-t menunjukkan nilai sig sebesar 0,000, dengan nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (-2 tailed) < α, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dengan setelah diajarkan menggunakan metode resitasi dan brainstorming. Karena nilai rata-rata motivasi belajar setelah perlakuan diajar menggunakan metode resitasi dan brainstorming lebih tinggi dibanding sebelum diajar menggunaka metode resitasi dan brainstorming. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode resitasi dan brainstorming.