Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Scie-ntific Aproach pada Tema “Hidup Rukun” dengan Subtema“ Hidup Rukun Di Rumah” Kelas II di MI Darul Hikmah Makassar
Main Author: | Wulandari, Ayu |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16701/1/Ayu%20Wulandari.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16701/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien validasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)3, 58 (sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangat valid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% yang mengidentifikasi bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori keefektifan dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 orang dengan jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai Tinggi sebanyak 2 orang dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun” dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.