Pengaruh Startegi Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem Kelas X MA Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

Main Author: Nur, Siti Rahmi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16594/1/%2835%29Tri%20Junianti%20Bahar.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16594/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh adalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dikombinasikan dengan resume berada pada kategori rendah dengan rata-rata nilai yaitu 65,60 dari 33 siswa karena tidak memenuhi standar KKM yaitu 70 dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata yaitu 76,53 dari 33 siswa dan memenuhi standar KKM yaitu 70. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh pada uji t diperoleh t hitung = 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara peseta didik yang diajar dengan menggunakan POE. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar.