Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining pada Pembelajaran PAI terhadap Hasil Belajar di SMAN 2 Sidrap

Main Author: Fitriana, Nana
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16479/1/Nana%20Fitriana.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16479/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PAI yang diajar menggunakan model Student Facilitator and Explaining mengalami peningkatan yang signifikan dengan presentase terbesar (Pretest) kelas eksperimen XI IPS 1 berada kategori sedang yaitu 62,50 dan (Postest) berada pada kategori tinggi yaitu 84,37; (2) hasil belajar PAI yang diajar tanpa menggunakan model Student Facilitator and Explaining tidak mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan (Pretest) kelas kontrol XI IPS 2 berada pada kategori rendah yaitu 56,88 dan (Postest) berada pada kategori sedang yaitu 74,79; (3) implementasi model Student Facilitator and Explaining pada pembelajaran PAI di SMAN 2 Sidrap telah dilaksanakan dengan peningkatan hasil belajar yang cukup maksimal yaitu pada pertemuan pertama yaitu 80,5%, pertemuan kedua yaitu 8,8%, pertemuan ketiga yaitu 94,4%, dan pertemuan keempat yaitu 100%; (4) terdapat perbedaan hasil belajar PAI yang diajar menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan yang diajar tanpa menggunakan model Student Facilitator and Explaining