Efektivitas Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa

Main Author: Fitrah, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16476/1/Nur%20Fitrah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16476/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, keterampilan generik sains peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (X TKJ 2) sebesar 75,80. Sedangkan untuk kelas kontrol (X TKJ 3) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 72,52. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-2 sampel independent diperoleh t hitung = 1,34 dan t tabel = 2,00. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dilihat bahwa t hitung < t tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan kata lain tidak terdapat pengaruh antara kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif dengan kelas yang diajar tanpa menggunaan model pembelajaran generatif. Hal ini berarti model pembelajaran generatif tidak efektif digunakan pada kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa.