Efektivitas Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Strategi Pembelajaran Debat Aktif (Active Debate) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI di SMAN 8 Jeneponto
Main Author: | Rismawati, Rismawati |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16378/1/Rismawati.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16378/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar PAI peserta didik yang diajar tanpa pemanfaatan metode debat aktif (pretest dan posttest) kelas XI di SMAN 8 Jeneponto nilai rata-ratanya yaitu 22,55 dan 69,64 berada di kategori rendah. (2) Hasil belajar PAI peserta didik yang diajar dengan pemanfaatan metode debat aktif (pretest dan postest) kelas XI di SMAN 8 Jeneponto nilai rata-ratanya yaitu, 21,86 dan 92,50 berada pada kategori tinggi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar PAI peserta didik (pretest dan posttest) lebih tinggi dari hasil yang tidak diajar dengan pemanfaatan metode debat aktif. (3) Pemanfaatan metode debat aktif efektif terhadap peningkatan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMAN 8 Jeneponto. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel t test gain score variances not assumed, dan pada baris t-test for Equality Means diperoleh harga t= 7,333 df= 56 dan sig. (2 tailed) atau p-value=0,000 diketahui 0,000<0,05, atau H0 ditolak. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan teruji oleh data, sehingga disimpulkan peserta didik yang diajar dengan pemanfaatan metode debat aktif lebih tinggi daripada yang tidak diajar dengan pemanfaatan metode debat aktif pada pembelajaran PAI.