Perbandingan Hasil Belajar Pesrta Didik menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dengan Spelling Puzzle pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI MA Madani Alauddin Pao-pao

Main Author: Harlinah, Harlinah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16362/1/Harlinah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16362/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif, rata-rata hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle sebesar = 80,14 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Spelling puzzle sebesar = 81. Hasil uji t yang menunjukkan yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,183 > α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1 ditolak, ini berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dengan spelling puzzle pada pokok bahasan system gerak manusia kelas XI MA Madani Alauddin Pao-pao. Strategi pembelajaran crossword puzzle memiliki persamaan dengan strategi pembelajaran spelling puzzle, dimana persamaannya terletak pada proses pembelajaran, strategi pembelajaran crossword puzzle dengan strategi pembelajaran spelling puzzle sama-sama menuntut peserta didik untuk berfikir lebih kreatif, membuat peserta didik yang lebih aktif sehingga guru hanya sebagai fasilitator.