Strategi Komunikasi Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (Studi Kasus Sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional di Kota Makassar)
Main Author: | Makmur, Nurul Insani |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16354/1/NURUL%20INSANI-101011.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16354/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dalam menyosialisasikan Gerbang Pembayaran Nasional di Kota Makassar menggunakan grand strategy dari kantor pusat. Selanjutnya, dilaksanakan dengan sosialisasi dengan dua tipe sosialisasi yaitu: (1) Sosialisasi Formal berupa kegiatan seminar dan launching, dan (2) Sosialisasi informal berupa pembagian flyer GPN serta, pemberian materi pada setiap event yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Faktor pendukung strategi komunikasi dapat dilihat dari segi keunggulan yang ditawarkan oleh GPN dalam hal keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi yang telah terkoneksi antar switching dan interoperabilitas. Sehingga, masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas dan efisien. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah masih kurangnya kegiatan pengenalan yang diadakan oleh Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dan jaringan sistem GPN yang masih berskala nasional serta belum adanya benefit langsung yang dirasakan masyarakat apabila menggunakan kartu berlogo GPN.