Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Scientific Aproach pada Tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dengan Subtema “Ciri-ciri Makhluk Hidup” Kelas III di MI Nasrul Haq Makassar

Main Author: Azizah, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16246/1/Nur%20Azizah.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16246/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien validasi perangkat pembelajaran diperoleh hasil yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3,32 (Valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,42 (Valid). Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran 2,76 (Terlaksana seluruhnya) dan angket respons guru terhadap perangkat 4 (Sangat valid). Sedangkan untuk uji keefektivan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 87,04% yang mengidentifikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis scientific approach pada tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dengan subtema “Ciri-ciri Makhluk Hidup” kelas III di MI Nasrul Haq Makassar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.