Analisis Sistem Pelayanan Administrasi dalam Penerimaan Pasien BPJS di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sultan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2018
Main Author: | Yolanda, Deby Rara |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16190/1/DEBY%20RARA%20YOLANDA_70200113094.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16190/ |
Daftar Isi:
- Penerapan sistem manajemen sebagai cara untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan bukanlah suatu hal baru. Jenis asuransi kesehatan yang saat ini dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS dengan melayani kerjasama di beberapa rumah sakit salah satunya RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada Kepala Bagian Administrasi Rekam Medik, Staf pelayanan administrasi dan pasien pengguna jasa BPJS di ruang IGD. Selain wawancara, pengumpulan data juga dilakukan dengan observasi yaitu meninjau langsung lokasi penelitian serta melakukan studi dokumentasi dengan menelaah hasil penelitian terdahulu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur yang diterapkan pihak manajemen rumah sakit khususnya di divisi adminitrasi meliputi: (1) planning yaitu pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia rumah sakit, Penyusunan RUK dan RPK (2) organizing , yaitu proses pengorganisasian dengan pelatihan melibatkan banyak instansi dalam RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja, (3) actuating yaitu pelaksanaan pelayanan administrasi pasien BPJS. (4) controlling, yaitu pengawasan yang dilakukan oleh manajemen rumah, dan (5) evaluating, yaitu proses peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan kemampuan dalam manajemen informasi pelanggan berbasis data.Diharapkan penelitian ini mampu meningkatkan kinerja manajemen rumah Sakit khususnya unit administrasi IGD dalam penerimaan pasien BPJS dengan menilai aspek pengembangan dan pelatihan pelaksaan evaluasi kegiatan serta penambahan sarana dan prasarana yang memadai